Ads Top

"Menyiasati" Terburu-buru

ilustrasi : bloggers.com

For the sake of time,[1]
Behold, the man really is in loss,[2]
Except those who believe and do good works and to obey the advice of counsel to advise the honor of truth and patience[3]

artinya

Demi Masa,[1]
Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,[2]
Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan menasehati supaya menetapi kesabaran[3]

(QS. Al-'Ashr [130] : 1-3)

Kita semua tentunya pernah mengalaminya : terburu-buru. Itulah penyakit. Termasuk saya yang bisa dikatakan "sering" berhadapan dengan deadline namun dalam waktu yang sudah sangat mendesak. Deadline itu bisa telat mengerjakan tugas kuliah, telat berangkat ke suatu tempat, maupun dalam hal terburu-buru tentang suatu conversation (percakapan) maupun dalam rapat. Terburu-buru kerap melintas menghampiri.

Kembali lagi kepada diri kita masing-masing. Keterburu-buruan tentunya adalah suatu kondisi dimana merupakan suatu dampak yang dihasilkan dari kita yang "menyepelekan" waktu. Sesungguhnya kita semua diberi "jatah" waktu yang sama setiap hari : 24 Jam baik penanggalan masehi maupun hijriah. Masalahnya, bagaimana kita semua mampu memanfaatkan waktu itu.

Memang tidak enak jika mengalami terburu-buru. Hasil dari pekerjaan yang dikerjakan terburu-buru biasanya tidak maksimal. Meskipun kadang tidak selalu seperti itu. Namun tetap saja yang namanya kerjaan terburu-buru berkesan kurang rapih karena dikejar "deadline". Selain itu dalam keterburu-buru-an membuat proses dalam pekerjaan menjadi "tercecer" baik sebagian kecil maupun besar.

Untuk hal mengapa terjadi terburu-buru dalam berbicara, mari kita identifikasi bersama. Yang paling memungkinkan, memang dari sifat bawaan ada orang yang dalam berbicara suka buru-buru (berbicara cepat). Tapi, ketika berbicara terburu-buru itu adalah karena tidak berfikir dulu. Jadi yang ada yaitu berbicara tanpa dipikirkan dulu. Nah, inilah yang selama ini menjadi kendala saja.

Setelah itu, kita baru berpikir, mengapa ada apa dengan yang kita katakan barusan. Kenapa tidak seperti ini, kenapa tidak seperti itu. Ini adalah tentang proses dan tentang kedewasaan. Dalam hal berkomunikasi, itulah kendalanya. Banyak belajar dan "melihat" serta menjadikannya sebagai pengalaman.


  1. Menyiasati terburu-buru bisa kita lakukan dengan melakukan pekerjaan lebih awal. Melihat kembali jadwal dan mengerjakan "tugas" sebelum deadline jadwal adalah suatu tindakan yang bijak. Kesempatan mungkin bisa datang dua kali. Namun tentunya tak ada salahnya kita melakukan segala sesuatu sesuai jadwal akan membuat kita selalu dipercaya. Sebagaimana kita harus menjaga kepercayaan serta konsistensi.
  2. Tak ada salahnya bila kita bersama membuat sebuah jadwal (schedule) untuk berbagai aktivitas. Misal tugas kuliah/sekolah, pekerjaan, janji-janji dsb. Agar tak terjadi yang dinamakan bentrokan jadwal. Memang tak menutup kemungkinan dari jadwal itu tak sesuai dengan kondisi yang ada, namun hal tersebut dapat meminimalisir keterburu-buruan.
  3. Membuat aktivitas prioritas. Dari sekian banyak pekerjaan, tentunya ada yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Dan ingat bahwa salah satu penyebab keterburu-buruan karena semua pekerjaan ingin diselesaikan secara serentak. Dan ketika membuat prioritas dulu, maka kita akan mampu men-sinkronkan jadwal dengan aktivitas prioritas ini.


Terburu-buru bisa hadir disetiap aktivitas kita. Orang tua maupun muda, pria maupun wanita. Baik di sekolah, tempat kerja, di rumah dan dimana pun kita memiliki janji. Mari kita bersama menghargai waktu.
---


All Time Low
Let It Roll Lyric taken from Album So Wrong It Right's

The time on the clock reads out past four
I'm wide awake and thinking
With my pillow on the floor

Then maybe I'm just wasting my time dreaming
I a horse reality
I don't wanna wake up just to find out 
That it's the same

Reff :
Let It Roll
Our time is fleeting
So we take control
From California to my home sweet home
Our days repeating like it's all we know
It's all we know

Out here the hills roll on for miles
The sun is like my home sense of direction
I'm always drawn to each arising
When it's rising, when it sets
But all I can think about is ***
And playing one more game of six cup in the backyard at the wedge
I know I'll never die alone because of all of you

Back to Reff

Bridge :
Take, take a breath
We've got all the time in the world
To get a grip on the fact that we don't like
But right now I wanna watch the tide roll in with my best friends

Let It Roll
Our time is fleeting
So we take control
From California
...

Let It Roll
Our time is fleeting
So we take control
From California to my home sweet home
Let It Roll
It's all we know
It's all we know
---
Thanks of lot, Semoga Bermanfaat

No comments:

Powered by Blogger.