Ads Top

Review Google Shortener URL

Image : megachurchlife.com
Disciplina Vitae Scipio
Science is the pillar of life
Ilmu pengetahuan adalah tiang hidup
~ Quotes Latin


URL merupakan singkatan untuk Uniform Resource Locator (wikipedia). Doi bisa dibilang juga alamat ataupun link yang terdapat di dunia internet. Ada banyak kolaborasi dalam URL/link ini, baik angka, huruf maupun simbol-simbol.

Yang lebih familiar bagi kita, biasanya link di internet diawali http ataupun https (jelajah aman), ada juga www, alamat, kemudian domain seperti com, us, in, co, uk, dan lain-lain sampai yang lebih detail lagi. Saya dulu sempat belajar yang seperti itu, karena link/alamat/url ini memiliki berbagai tingkatan dan jenis.

Bila kita perhatikan bersama, setiap web atau provider memiliki kriteria atau jenis url yang terbeda. Misal, facebook memiliki url yang cenderung memakai angka. Sementara itu, jejaring sosial lainnya yaitu twitter memiliki url pendek yang saya sebut t.co.

Mengapa pendek? Karena twitter memang membatasi karakter dalam webnya agar terlihat lebih rapi selain itu juga untuk kestabilannya. Perkembangan twitter yang semakin pesat, ternyata membawa trend baru yaitu perihal url yang disingkat. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa website yang lain pun bisa melakukannya. Contoh yang saya tau seperti portal berita Indonesia, yaitu detik pun menggunakan url dengan format de.tk, kompas kom.ps, ada juga seperti bit.ly, is.gd, tinyurl dan goo.gl.

Perpendekan url ini menggunakan teknik penyederhanaan dengan perpaduan antara huruf kecil dan besar. Seperti url rizki-putra-dewantoro disingkat menjadi LzxFJ.

Disini saya akan sedikit berbagi tentang salah satu layanan pemendek url besutan google, yaitu Google URL Shortener. Kita bisa menemukan layanan ini di alamat goo.gl atau di search engine google cari url shortener.
Inilah tampilan awalnya :
Tampilan Awal

Untuk menggunakan layanannya, di google url shortener kita bisa log in menggunakan akun google maupun tidak. Tapi jika ingin mengetahui reccord (progress) link kita, berapa kali diklik, maka ada baiknya kita login. Itulah kelebihan url shortener ini.

Copykan url yang akan kita perpendek dalam kolom yang tersedia (dibawah paste your long URL here), setelah itu klik "Shorten URL". Tada! Tak lama setelah itu maka di sebelah kanan muncul url yang telah diperpendek dan segera bisa kita gunakan. Selain itu, di bawahnya muncul juga screenshoot laman yang kita perpendek tadi. Nice :)
Result

Selamat mencoba
Danke (Terimakasih - bhs Jerman)

No comments:

Powered by Blogger.