Ads Top

Pictures : May 9 "Europe Union Day"

edps.europa.eu

"Imagination is more valuable than science, logic will get you from A to B. Imagination will take you everywhere. "

Imajinasi lebih berharga daripada ilmu pengetahuan, Logika akan membawa Anda dari A ke B. Imajinasi akan membawa Anda kemana-mana.

~ Kata Mutiara - Albert Einstein

Bapak fisika dunia tersebut dilahirkan di salah satu negara Eropa, tepatnya di Jerman. Benua Biru, begitu julukan untuk benua terkecil di dunia selain Australia tersebut. Untuk budaya dan kemajuan pemikiran orang-orangnya tidak usah dipertanyakan lagi.

Eropa dengan sejarahnya yang begitu panjang. Yang menjajah negeri besar seperti Indonesia pun dari eropa, sebuah negara dengan salah satu luas wilayahnya yang sempit, yaitu Belanda. Bahkan yang mencatatkan sejarah sebagai penjelajah dunia pun berasal dari eropa, sebut saja Christopher Colombus, Vasco da Gamma, Marcopollo dll. Filsuf dan pemikir-peniliti pun dari eropa tepatnya negeri para dewa, yaitu Yunani (baca : Greece)

Eropa sebagai wilayah merupakan bagian dari Asia. Namun karena peradaban yang mapan bersumber dari sana, maka yang menjadi sorotan atau rujukan adalah Eropa. Negara dengan wilayah terluas adalah Rusia (dulu Uni Soviet), mencakup ujung Eropa Timur ke Ujung Timur Asia sampai ke Pasifik dan Amerika Utara. Jumlah anggota uni eropa berdasar data wipedia adalah 27 negara dengan moto Unity in diversity (bersatu dalam perbedaan).
---
Untuk pelajaran seperti ini, dari dulu saya sangat menggemarinya. Termasuk ke dalam salah satu mata pelajaran geografi. Apalagi mempelajari tentang eropa. Passion saya sepertinya ada di dunia yang seperti ini. Melihat peta eropa, pembagian wilayahnya, kemajuan teknologinya, budayanya dan juga sepakbolanya, serta masih banyak lagi. Terlepas dari rasa nasionalisme saya Indonesia, itu hanyalah untuk menambah wawasan dan membuka cakrawala bahwa pengetahuan itu amatlah luas.

Secara di luar kepala, saya masih ingat meskipun tidak semua, nama-nama negara eropa dengan ibukotanya. Dulu waktu kecil (SD) saya dan Arif (baca : si bangke) sering tebak-tebakan sambil belajar dengan bapak saya. Misal : Inggris ibu kota London. Perancis ibu kota Paris. Jerman ibu kota Berlin. Portugal ibu kota Lisbon (Lisboa). Spayol ibu kota Madrid. Swedia ibu kota Stockholm. Norwegia ibu kota Oslo. Finlandia ibu kota Helsinki. Italy ibu kota Roma. Polandia ibu kota Warsawa. Swiss ibu kota Bern. Yunani ibu kota Athena. Denmark ibu kota Kopenhagen. Belanda ibu kota Amsterdam. Luxemburg ibu kota Lixemburg. Rusia ibu kota Moskow. Ukraina ibu kota Kiev.

Tak akan cukup untuk menceritakan semua tentang eropa. Hari ini, 9 May sebagaimana saya membaca dalam artikel, terdapat peristiwa tentang Deklarasi Schuman. Ia adalah Menteri Luar Negeri yang kala tahun 1950 mengajukan untuk adanya persatuan di eropa menyangkut otoritas batubara. Dan itu merupakan cikal-bakal penyatuan negara-negara eropa dalam uni eropa (Europe Union).

Sedikit melakukan search tentang Schuman di mesin pencari om google, muncul lah berbagai gambar tentang peristiwa bersejarah ini. Yaitu tentang awal mula penyatuan negara-negara eropa. Berikut saya share gambar-gambar itu beserta darimana sumbernya. Semoga menambah wawasan kita semua.
---

Democracy Dialogue Debate : ec.europa.eu

9 May Erurope Day : teachenglish4u.com

50 Tahun Euro : expo2010china.hu

globaldimension.org.uk

europe-day.blogspot.com

consulfrance-atlanta.org

jonworth.eu

Add caption



moveoneinc.com

timesofmalta.com

europeanclubeuropeo.net

pt.lu

visa-free-europe.eu

consulfrance-atlanta.org

No comments:

Powered by Blogger.