Ads Top

Contoh Penerapan Bahasa Public Relations

 1
 
 Salah satu tujuan Public Relations (PR) adalah meningkatkan citra perusahaan. Dari contoh penggunaan bahasa diatas, dapat dilihat bahwa salah satu perusahaan asuransi bukan mengurusi usahanya, tapi peduli dengan keadaan masyarakat. Caranya yaitu dengan memberikan asuransi gratis. Kemudian, untuk meningkatkan bargaining , perusahaan tersebut mempunyai komitmen untuk memberikan transparansi laporan keuangan. Dengan cara yang dilakukannya itu, setidaknya mampu meningkatkan citra di masyarakat.
 
2


Sudah sering kita mendengar iklan di atas. Sebagai perusahaan energi asing, ExxonMobil yang concern pada pertambangan minyak dan gas alam telah bekerjasama sangat lama di Indonesia. Pemahaman masyarakat kita memang masih rendah. Memang seperti yang serius sekali mereka membuat iklan ini. Sampai ribuan kali tampil. Inilah opini yang dibangun untuk masyarakat. PR menonjol sekali pada masalah ini. Terlepas dari beberapa kasus Exxon yang mengeksploitasi alam Indonesia. Tapi, masyarakat sekarang mengenal Exxon melalui iklan ini sebagai perusahaan dengan ciri : menggerakan roda perekonomian, mendukung inovasi, memajukan pendidikan, membantu mengembangkan generasi penerus Indonesia. Tapi kita sendiri tentunya tau lah, yang namanya perusahaan salah satu tujuan utamanya yaitu profit.

3
Untuk bahasa PR yang nomor 3 ini mungkin agak terdengar normatif. Terlepas dari hal itu, memang program pengentasan kemiskinan sangatlah menarik minat masyarakat. Terlebih saat sekarang ini pengangguran merajalela. Baik di desa maupun di Kota. Dalam menunjang sosialisasi pastinya membutuhkan iklan. Iklan tersebut membutuhkan bahasa PR. Bahasa PR yang digunakan harus simple, tapi mengena.

No comments:

Powered by Blogger.