Ads Top

Angka

angka (google)
Semua perkara di dunia ini pasti berhubungan dengan angka. Semua adalah asumsi, semua adalah pendapat. Melihat dari sejarah, masa lampau yang disebut tempo dulu sampai sebelum sejarah (pra-sejarah), masa kini dan masa yang akan datang. Angka.

Mungkin kita mengenal berbagai angka dalam berbagai bentuk dan bahasanya. 1 (satu), 2 (dua) dan seterusnya. Dalam romawi : I (satu), II (dua) dan seterusnya. Begitu juga dalam tulisan bahasa Arab, tulisan bahasa Yunani, Mesir Kuno, Jepang, Cina, bahasa tulisan orang-orang pedalaman yang belum tersentuh media dan lain sebagainya.

Angka adalah sama. Angka adalah simbol. Banyak yang mengumpulkan angka. Ada angka berupa uang, nilai disekolah, angka nilai ujian di kampus, angka proyek, angka berat badan dan angka-angka lainnya. Cobalah kita semua lihat, di sekeliling kita semua adalah angka. Angka erat hubungannya dengan jumlah, karena jumlah disebut dengan angka.



Kita semua pasti pernah, bahkan sering mendengar ada angka sial dan angka keberuntungan. Hal tersebut tergantung. Ada yang bilang angka 4 itu sial, angka 7 itu membawa hoki, angka delapan itu bagus dan lain sebagainya. Jika dilihat dari sisi seperti itu, semua angka sama saja, hanya jumlah yang berbeda. Angka 13 bagi orang-orang tertentu adalah keramat, angka 1 adalah permulaan dan lain-lain.

Selain itu, bagi berbagai orang angka diperebutkan. Sebutlah saja, dalam sepak bola, pemain memakai kostum bernomorkan di punggung. Semua memilih, mungkin bisa dikatakan angka 10 adalah nomor favorit. Angka 1 untuk penjaga gawang, dan rasanya kita semua pasti janggal melihat pemain non-penjaga gawang menggunakan nomor punggung 1.

Angka menjadi patokan dan angka juga bisa menjadi pengaman. Nomor rumah, nomor kamar, nomor lantai dari dasar sampai yang tertinggi. Angka menjadi pengaman itu adalah PIN dan yang menjadi suatu "sandi" untuk bertransaksi serta menggunakan mesin ATM.

Apa bedanya angka dan nomor? Bisa jadi ini adalah hanya masalah redaksi dan pengucapan saja. Masihkah ada angka yang lainnya? Mari kita berdiskusi ria.

No comments:

Powered by Blogger.