Ads Top

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Foto: dokumentasi pribadi
Judul besar buku yang baru saja saya baca tentang Aurat Al-Insyirah. Pada awalnya saya merasa heran mengapa digunakan kata “aurat”. Apakah ada kesalahan ketik, penulisan ataupun kesalahan redaksi. Buku yang lengkapnya berjudul agak panjang yaitu “Sukses dan Bahagia Dengan Aurat Al-Insyirah Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan”. Al-Insyirah adalah nama surah di dalam Al-Qur’an setelah surah Ad-Dhuha. Ternyata kata aurat tidaklah salah seperti perkiraan saya terjadi kesalahan satu huruf dari kata surat menjadi aurat. Kata Aurat disini mempunyai makna rahasia terdalam dari surah Al-Insyirat atau yang lebih dikelan dengan surah Alam Nasyroh.

Buku ini merupakan karya Taufiqurrahman Al-Azizy yang diterbitkan Sakanta Publishing. Buku ini merupakan karya yang ke sekian dari Taufiqurrahman dimana beliau mempunyai harapan dapat menghasilkan karya 400 buku selama hidupnya. Alhamdulillah di akhir bulan Ramadhan 1438 H ini saya bisa menyelesaikan membaca buku yang cukup menginspirasi ini di tengah kesibukan menyelesaikan tugas akhir kuliah.

Seperti telah kita ketahui, surah Al-Insyirah menjadi salah satu surah favorit yang selalu dibaca oleh imam pada sholat fardhu. Begitupun kita yang menjadikan surah Al-Insyirah sebagai bacaan dalam ibadah sholat kita baik sholat wajib maupun sunnah. Selain tidak begitu pendek dan tidak begitu panjang, surah Al-Insyirah memiliki susunan kata yang mudah dihafal, maha suci Allah SWT yang telah menurunkan surah ini kepada Rasulullah SAW.

Kita pula mengetahui beberapa arti dari potongan ayat surah Al-Insyirah, yang diulang dua kali yaitu fa innamaal usri yusra, innamaal usri yusra (karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan). Ternyata jika dikaji lebih dalam lagi mulai dari ayat pertama hingga akhir mempunyai satu rangkaian ayat yang sangat dahsyat. Apalagi dalam buku ini diuraikan juga tentang hubungannya dengan surah sebelumnya yaitu Ad-Duha.

Dalam buku ini Taufiqurrahman menjelaskan tentang adanya sistem yang hendak disampaikan Allah melalui surah Al-Insyirah. Mulai dari menjadi orang yang berlapang dada dan hilangnya beban yang dipikul Rasulullah dalam menyebarkan keesaan Allah SWT, begitu pula kita dalam mengalami berbagai beban dalam kehidupan. Pada ayat berikutnya yaitu Allah meninggikan nama Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan manusia pilihan sebagai nabi akhir zaman. Kemudian tentang bersama kesulitan ada kemudahan yang selanjutnya diikuti oleh prinsip istiqomah dan pasrah kepada ketetapan Allah SWT.

Dengan memahami sistem yang ada dalam surah Al-Insyirah diharapkan kita mampu menjadi insan yang sukses di dunia dan Akhirat. Kehidupan di zaman modern saat ini begitu banyak tantangan dan godaan yang dapat membuat kita melenceng dari perintah Allah SWT. Dengan mengamalkan surah Al-Insyirah insya Allah kita akan mampu menghadapi segala rintangan dan berbagai godaan yang dapat merusak iman kita.

Terlepas dari adanya kekurangan  dari buku ini, namun karya ini  patut patut mendapatkan apresiasi. Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca lebih lanjut buku ini. Jika ingin meminjamnya bisa menghubungi saya di twitter atau instagram @rizki_pd

Semoga bermanfaat

No comments:

Powered by Blogger.