Ads Top

Resensi Journey 2 : Mysterious Islands

cover journey 2 : 21cineplex.com
Ingin melihat bagaimana itu Atlantis? Kenal dengan Jules Verne beserta karya fiksi ilmiahnya? Semua tersaji dalam : Journey 2 Mysterious Island.

Saya menonton film ini sudah dua kali. Sebagaimana yang menjadi obsesi Shane Anderson (Josh Hutcherson) menemukan "mysterious island", ia menyelinap ke stasiun penerima sinyal milik intelijen untuk menerima pesan yang dikirim Anderson (kakeknya) dari pulau tersebut.

Keberadaan pulau itu antara ada dan tiada, karena dalam penyelidikan Shane, pesan sandi teka-teki yang dikirim kakeknya berhubungan dengan karya ilmiah yang tertulis dalam buku Jules Verne. Karena penyelinapan Shane ke stasiun penyiaran, ia dikejar-kejar oleh Polisi (dengan berlatar musik Green day Letterbomb) sampai kemanapun ia berlari, tetap saja polisi bisa mengejarnya. Beruntunglah, ayah tiri Shane, Hanks (Dwayne 'The Rock' Johnson) merupakan salah satu perwira di Angkatan Laut, dan selamatlah Shane dari hukuman.

Hasil dari penyelinapan tersebut, Shane mendapat pesan yang dia terima dari kakeknya itu, namun ada satu masalah, itu semua adalah kode sandi yang lumayan rumit. Karena ketidaksengajaan, karena pengalamannya di AL, Hanks dan Shane berhasil memecahkan teka-teki lokasi keberadaan kakek Shane, yaitu di salah satu daerah pasifik bernama Palau.

Film yang bergenre remaja ini, lumayan seru dengan berbagai humor, ketegangan dan berbagai banyak pesan moralnya. Singkat cerita, sesampai di palau, dalam koordinat yang hendak dituju oleh Shane, tak ada satu pun yang mau mengantar mereka ke sana, karena koordinat tersebut berbahaya serta penuh dengan badai lautan. Inilah pertemuan mereka dengan Luiz Guzman serta putrinya, Vanessa Hudgens.

Ternyata, novel fiksi ilmiah Jules Verne relevan dengan berbagai kejadian yang dialami Shane. Dalam perjalanan ke mysterious island, Shane, Hanks menggunakan helikopter Luiz, tentunya bersama putrinya yang sebagai pemandu. Helikopter mereka hancur, sebagai korban masuk ke dalam pusaran badai, dan itu adalah gerbang menuju sang pulau misterius.

Tak disangka, mereka sampai di pulau misterius dengan selamat. Inilah awal dari semua perjalanan mereka, sebagaimana ditulis Jules Verne, semua makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan di pulau misterius ini adalah kebalikan dari dunia nyata : hewan besar menjadi kecil, hewan kecil menjadi besar. Menarik kan? Begitu juga dengan tumbuhaannya. Contoh seperti gajah menjadi kecil, ikan hiu kecil, sementara itu semut, lebah sampai belut listrik mejadi super duper besar.

Mysterious island adalah surga dunia yang mereka temukan. Sampai ketegangan terjadi, mereka bertemu dengan kadal raksasa yang memburu mereka karena telah memcahkan telurnya. Dengan berbagai usaha mereka untuk lari, akhirnya mereka selamat oleh Anderson, kakek Shane. Benar saja dengan apa yang disampaikan Anderson dalam pesannya. Pulau misterius itu benar-benar ada.

Hari yang melelahkan untuk mereka, namun keesokannya terbayar sudah dengan suguhan reruntuhan kota Atlantis yang hilang itu. Perjalanan mereka belum berhenti sampai disitu, karena masalah sebenarnya yang muncul baru dimulai. Ternyata pulau yang mereka pijak tersebut akan segera tenggelam karena berbagai gejala-gejala yang muncul, seperti air laut yang naik. Oleh karena itu, mereka harus selamat dengan teka-teki yang ada di catatan kapten nemo. Kapten Nemo ini adalah yang menemukan pulau tersebut, dia telah mati, namun buku catatannya ada di tempat peristirahatan terakhirnya di dalam gua.

Pesan dalam buku tersebut, mereka (Shane, Hanks, Anderson, Luiz dan Gabby) harus menemukan kapal selam nemo yang terletak di ujung pulau yang terletak berseberangan dengan lokasi mereka saat itu. Ketika perjalanan dimulai, sepakatlah mereka dengan menunjuk Anderson sebagai leader karena yang memiliki peta dan pengalaman di pulau tersebut. Dalam perjalanannya, mereka menemukan gunung emas, lebah raksasa, memakan buah raksasa, dikejar-kejar burung raksasa sampai kaki Shane terkilir karena terhantam batu saat menyelamatkan Gabby saat dikejar-kejar burung tadi ketika mereka menaiki lebah. Karena lebah adalah sasaran dari burung Kalibri.

Dari awal pertemuan, Hanks dan Anderson tidaklah akur. Mereka selalu berseberangan pendapat, malahan sampai saling sindir menyindir, tentang apapun. Mereka bisa akur, saat Hank mampu menghibur Anderson dan Shane yang sedang kesakitan kakinya dengan menyanyikan lagu. Dalam pendapat Anderson, musik bisa membawa hati menjadi tenang dan menyembuhkan suasana. Anderson bisa luluh hatinya dengan "What a wonderfull world" versi Hank. Dengan memaikan gitar kecil (ukulele), Hank bisa meluluhkan dan membuat Anderson berfikir ulang tentang dirinya. Menurut saya, lagu yang dibawakan Hank benar-benar hebat. Silahkan saja simak videonya di akhir tulisan ini.

Mysterious island menerangkan kepada kita bagaimana tentang kerja sama. Setiap orang berbeda-beda, baik sifat dan perannya, baik kekurangan maupun kelebihannya. Tak ada yang sempurna. Sebagai ayah tiri, Hank berani berkorban, apalagi Luiz sebagai ayah kandung Gabby akan melakukan apapun untuk kebahagiaan putrinya itu. Termasuk keinginannya untuk melanjutkan kuliah.

Pelajaran ilmiah yang bisa kita ambil seperti kadal adalah hewan berdarah panas (hidup di dua dunia-air dan darat) - mengingatkan saya pada pelajaran biologi dulu. Selain itu ada juga seperti jika kita tersesat, maka lihatlah sarang laba-laba, karena dia selalu membuat sarang menghadap ke selatan.

Dengan perjuangan fisik dan pemikiran serta memutar akal. Mereka berhasil menemukan kapa selam nemo. Belum sampai disitu, Hank dan Shane dengan kaki yang masih sakit, harus berusaha mencapai kapal itu yang sudah tenggelam. Setelah menemukan kapal itu, mereka harus berusaha juga menghidupkannya, karena pasokan listrik yang kurang, mereka memanfaatkan belut listrik untuk memasok energi. Sebagaimana tadi telah saya tulis, hewan kecil belut listrik ini di Pulau Misterius sangatlah besar dan bisa dikatakan raksasa. Sebaliknya, hiu menjadi kecil.

Silahkan menyimak sendiri bagaimana cerita seru dalam Journey 2 ini. Banyak kejadian yang tak terduga, menarik, menegangkan, serta pesan yang begitu mendalam. Salah satunya pesan yang sangat berkesan bagi saya adalah tentang berusaha. Dikatakan bahwa kadang orang tua bisa membuat ribet dan selalu ingin membantu dengan caranya yang terkadang salah. Namun yang dikatakan salah adalah ketika mereka tidak mampu (tak mau lagi) untuk berusaha. Selamat berpetualang.



No comments:

Powered by Blogger.