Ads Top

Ceramah Abi Makki

Abi Makki
Beliau adalah Ustadz yang Subhanallah, menurut saya beliau cerdas, pemahaman agamanya yang mapan, dan yang penting baik hati serta tidak sombong. :)

Kami memanggil beliau Abi. Entahlah saya jika salah melafalkan nama beliau : Abi Makki. Dalam pengajiannya yang kebetulan saya merekam tak dari awal, maka saya sampaikan apa yang menjadi inti dari 'pelajarannya'. Berikut adalah tentang bagaimana memakaikan kain kafan kepada jenazah, bagaimana adab memasukkan jenazah ke dalam kubur (secara Sunnah Rasulullah), serta pengetahuan lainnya tentang jenazah dan yang berhubungan dengan kematian.

Betul. Setiap orang pasti meninggalkan dunia ini. Mayat dan kita secara jasad, tidak ada bedanya. Hanya saja jika orang yang sudah meninggal, ruh telah meniggalkan badannya. Ia tetap ada, namun Wallahualam dimana letaknya. Memperhatikan ceramah kali ini, mengingatkan saya dengan kematian. Begitu NGERI, apalagi mendengar bagaimana jasad dalam kubur ini nanti akan habis dimakan oleh belatung, baik kulit, kain kafan kita, seluruh organ tubuh kita, sampai tulang pun habis, 'kata Abi' yang tersisa dan tak habis adalah tulang ekor.

Mengapa katanya, karena Wallahualam juga, saya belum pernah melihat dan belum pernah menggali kubur. Satu lagi yang NGERI itu, ternyata belatung itu dari satu, akan berkembang menjadi banyak menghabiskan seluruh jasad, sampai tak ada lagi yang bisa dimakan, belatung memakan sesamanya, sampai akhirnya menjadi satu dan mati karena tak ada lagi makanannya.

Selain itu, bagaimana kah tentang sholat jenazah. Abi bercerita, beliau pernah sholat di kuburah. Nah loh kenapa bisa? Silahkan simak videonya yang Insyaallah menggugah kita semua untuk selalu menikmati anugerah kehidupan yang kita punya.  Wallahualam bishawab. Terimakasih banyak


1 comment:

Cucu Hermawan said...

Semoga ustadz2 di Indonesia makin cerdas-cerdas agar bisa membawa umat ke jalan yang benar :D

Powered by Blogger.