Ads Top

Yang Ada Hanya Ikhlas

Ilustrasi : adamp1.wordpress.com
Memupuk rasa ikhlas harus dimulai. Ini bukan tentang nama mesjid, Al-Ikhlas. Tapi dengan membayangkannya, berawal dari tempat ibadah ini kita akan menyadarinya. Ikhlas adalah teman yang menurutku kadang dekat, kadang entah kemana. Melalui "semedi", air mata bercucuran, betapa beratnya untuk ikhlas. Dan memang, berucap berkata-kata itu mudah, namun eksekusinya yang harus sejalan dengan ucap itulah yang menjadi tolok ukur. Namun, setidaknya dengan berucap itu menjadi motivasi untuk berlaku yang seseuai.

Ketika apa yang menjadi harapan belum juga tercapai, atau bahkan hanyut menghilang. Ikhlaskan. Yang terpenting bagi kita adalah sudah berusaha. Ikhlas banyak dibicarakan di forum-forum keagamaan, kumpulan keluarga, tempat-tempat berkabung dan lain sebagainya. Karena sebenarnya ikhlas juga merupakan dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan.

Yang harus kita lakukan hanyalah memperbaiki diri. Bisa juga disebut introspeksi, membenahi atau apalah itu namanya. Keikhlasan itu sejalan dengan kesabaran. Biarlah keikhlasan menerima dan mengganti segala kegundahan.

No comments:

Powered by Blogger.