Ads Top

Demonstrasi Aliansi Serikat Pedagang Stasiun Layang Jakarta

 Berikut adalah release aksi yang terjadi dalam pergolakan revitalisasi BUMN sebagaimana sekarang sedang digalakan pemerintah? Apa Pendapat Anda?

LONGMARCH “Aliansi Serikat Pedagang Stasiun Layang” Pernyataan sikap pada Rabu (8/2/2012) jam 8. Start dari Stasiun Cikini-Tugu Tani-Meneg BUMN.

Revitalisasi = bukan penggusuran pedagang kecil!

Empat bulan terakhir terkait kebijakan PT. KAI dalam rangka pelaksanaan program Revitalisasi perbaikan sarana dan prasarana transportasi lingkar luar Jabodetabek yang dimulai dari stasiun Juanda, Cikini, Gondangdia telah mengakibatkan keresahan dan ketidakpastian dalam berusaha terhadap ratusan pedagang kecil yang menyewa kios di stasiun, kebijakan program Revitalisasi PT KAI dilaksanakan tanpa adannya sosialisasi, dialog dan musyawarah dengan pedangang bahkan secara sepihak PT. KAI menyewa dan member surat tugas kepada gerombolan preman untuk mengintimidasi dan menggusur pedagang dari kiosnya. Seperti yang terjadi di pedagang di Stasiun Juanda telah terjadi pemagaran di sekeliling stasiun yang menyebabkan pendapatan pedagang turun drastic bahkan ada beberapa kios yang dibongkar dan dirusak secara paksa oleh preman. Apakah ini Negara ataukah hutan rimba yang mana modal lemah diterkam modal kuat? Masyarakat kecil selalu menjadi korban, dimanakah peran Negara? Terkait program revitalisasi PT. KAI dalam rangka mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat pedagang kecil.

Padahal sejak bergulirnya program revitalisasi pedagang telah mengirim surat ke PT. KAI meminta kejelasan nasib mereka terkait program revitalisasi namun sampai hari ini belum ada jawaban. Bagi pedagang revitalisasi kata-kata yang menakutkan yang artinya modal kecil digulung modal besar, belum hilang dari ingatan pedagang beberapa tahun yang lalu terjadi revitalisasi terjadi di Stasiun Kota ketika pedagang kecil digusur paksa tanpa diberi solusi dan sekarang berdiri restoran cepat saji seperti CFC, 7 Eleven, Bank Swasta dan Asing. Apakah seperti ini makna program revitalisasi?

Bagi pedagang permasalahan sebenarnya sederhana, apapun program PT. KAI mereka akan dukung dengan syarat mereka diberi kepastian dan jaminan dalam berdagang dengan harga sewa terjangkau terutama untuk pedagang lama, bukan digusur secara paksa dan sewenang-wenang, apakah sudah hilang perikemanusiaan dan keadilan para pejabat PT. KAI?
Tujuan program revitalisasi memperbaiki prasarana dan sarana stasiun dalam rangka mendukung transportasi nasional.

Untuk ini Aliansi Serikat Pedagang Stasiun Layang menyatakan sikap :
1.    Revitalisasi bukan berarti menggusur pedadang kecil
2.    Berdagang harga mati
3.    Usut tuntas praktek korupsi/suap sewa menyewa kios stasiun Cikini, Juanda & Gondangdia
4.    Bangun ekonomi pro rakyat
5.    Tolak kekerasan dan premanisme dalam menangani kasus rakyat


No comments:

Powered by Blogger.