Ads Top

Pemimpin Harus Amanah, Selaras Kata dan Tindakan

Ki-ka : Zulfa, Agil, Kak Deni, Alfian, dan Deri
Kramat - Ikatan Pelajar Muhammadiyah adalah salah satu organisasi yang bergerak di dunia pelajar. Ciri-ciri sebuah organisasi yang baik pastinya memiliki tujuan yang harus diwujudkan bersama-sama. Selain itu organisasi harus digerakkan oleh dua orang atau lebih. Nah, IPM tidak usah diragukan lagi sebagai organisasi yang baik, bahkan sangat baik, karena prestasinya yang telah diakusi secara nasional dan internasional.
Pertanyaannya, dorongan apakah yang menjadikan para pelajar di IPM untuk berorganisasi?  Apakah hanya untuk bersosialisasi atau untuk kepentingan pribadi? Atau untuk tujuan yang lain?

Berdasarkan pertanyaan tersebut, PW IPM DKI menyelenggarakan pengajian dengan tema “Berorganisasi untuk Menggapai Ridho Ilahi (Allah SWT)”. Kegiatan ini diadakan pada Senin (12/5/2014) bertempat di Mesjid Attaqwa Perguruan Muhammadiyah Kramat Raya, Jakarta Pusat. Yang menjadi narasumber dalam pengajian tersebut adalah Kakanda Deni Wahyudi Kurniawan, S.S.I (Ketua Umum PP IPM Periode 2008-2010).

“Yang menjadi dasar kita dalam beroganisasi adalah niat, Innama ‘amalu bin niat” kata Kang WK, biasanya beliau disapa. Saat ini banyak organisasi dan banyak orang yang ikut berorganisasi, namun mereka terjebak hanya untuk kepentingan sesaat saja. Oleh karena itu, niat yang baik akan membawa organisasi dan orang-orang di dalamnya selamat di dunia maupun akhirat.

Selain itu, menurut hadirin yang mayoritas siswa sekolah menengah Muhammadiyah di Jakarta Pusat, menganggap berorganisasi merupakan suatu kebutuhan, karena dengan berorganisasi kita bisa mengembangkan diri, bersosialisasi dan memecahkan permasalahan bersama-sama. “Sebenarnya berorganisasi itu adalah perintah Allah” tandas Kang Deni WK. “Sebagaimana dalam ayat Al-Qur’an kita diperintahkan untuk berpegang teguh kepada tali Agama Allah dan jangan bercerai berai” tambah beliau.

Dalam berorganisasi pun tidak menutup kemungkinan adalah sebagai jalan untuk pengembangan diri baik itu kecerdasan maupun keterampilan “Ketika kita dalam berorganisasi, akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik” lanjut narasumber. Dalam sesi tanya jawab, Kang Deni WK menyampaikan betapa pentingnya pemimpin dalam organisasi, baik itu organisasi yang besar, ataupun organisasi yang kecil, baik itu seorang pemimpin dalam sebuah rapat. Kang Deni WK menambahkan “Tiga hal yang perlu dikuasai oleh pemimpin yaitu know the way, show the way, dan goes the way. Yaitu mengetahui lebih baik, menunjukkan contoh, dan juga harus amanah – harus sama perkataan dan tindakan”.

Pengajian yang diikuti ratusan pelajar di Jakarta Pusat tersebut adalah rangkaian kegiatan pengajian yang merupakan Program PW IPM DKI tahun 2014 ini. Sebelumnya pada 2013 pengajian telah diselenggarakan di Matraman (Jakarta Timur), Slipi (Jakarta Barat), pada 11 Januari 2014 di Kebayoran Baru (Jakarta Selatan), pada Maret 2014 di Sukapura (Jakarta Utara) berbarengan dengan Konpida IPM DKI Jakarta.

No comments:

Powered by Blogger.