Ads Top

Bersatu Bangkit, Bangkit Bersatu (Rizki PD Cover)

Pemuda Bersatu (ilustrasi : gmanendra.com)
Lirik

Dalam dunia ini setiap orang pasti
Mempunya ironi yang tak akan aku mengerti
Untuk aku mengerti
Untuk aku mengerti

Dalam dunia ini setiap orang pasti
Ingin memperbaiki hidup di dunia
Hidup di dunia ini
Di Indonesia Ini

Hari kebangkitan ini nasional negeri ini
Mencari makna dari makna arti hidup ini
Makna arti hidup ini
Makna dari hidup ini

Indonesia ini haru kita cintai
Dengan sepenuh hati dengan sepenuh hati
Dengan jiwa raga ini
Sampai nanti kita mati

Reff :
Bersatu
Bersatu untuk bangkit
Bangkit untuk bersatu
Untuk Indonesiaku

Bersatu
Bersatu untuk bangkit
Bangkit untuk bersatu
Untuk Indonesiaku

Bridge

Bersatu
Bersatu untuk bangkit
Bangkit untuk bersatu
Untuk Indonesiaku


- - -

Lagu tersebut memiliki sejarah tersendiri. Kala itu yang pertama kali dibuat adalah kunci gitarnya, menyusul lirik awal lagu kemudian bagaimana reff-nya. Lagu "Bersatu Bangkit Bangkit Bersatu" ini dibuat di dua kota, Cianjur dan Jakarta. Dimana lirik untuk reff-nya saya temukan (mendapat inspirasi) terlebih dahulu. Perlu untuk kita ketahui bersama, lirik atau kata Bersatu Bangkit Bangkit Bersatu adalah tema dari Hari Kebangkitan Nasional Indonesia (tanggal 20 Mei).

Saat itu saya sedang melintas di depan kantor Dinas Koperasi dekat Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur yang dekat dengan tempat dimana saya akan mengikuti lomba pidato maulid nabi (dalam bahasa Inggris). Nah, kebetulan ada spanduk bertuliskan seperti itu, Bersatu Bangkit Bangkit Bersatu, dan kemudian saya temukan lagamnya yang pas (kala itu lagamnya berbeda dengan yang saat ini).

Berbeda dengan reff lagu ini, lirik awal dibuat di Jakarta dengan selang beberapa bulan dari reff-nya. Kenapa di Jakarta? Ketika itu saya sedang  PKL di salah satu kantor pusat perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Lirik itu saya buat di perjalanan pulang dan saya cocokkan dengan kunci gitar yang telah ada sebelumnya di kamar rumah saudara saya.

Dengan berbagai perjalannya, dengan perubahan lagam reff (ketika itu inspirasi saya dapatkan saat mengendara motor) maka jadilah lagu Bersatu Bangkit Bangkit Bersatu versi saat ini. Lagu ini saya dedikasikan untuk kita semua. Terkait hari kebangkitan nasional yang gaungnya mulai meredup dan para pemuda yang kehilangan rasa nasionalismenya. Inilah yang dapat saya persembahkan. Semoga bermanfaat

No comments:

Powered by Blogger.