Ads Top

(Lanjutan) Karakteristik Manifesto Politik Bung Karno

Oleh : I-Nyoman W.

Manipol adalah GBHN, di dalamnya berisi persoalan-persoalan pokok dan program revolusi Indonesia secara menyeluruh. Di bidang politik Indonesia menentang penjajahan di segala bidang kehidupan. Dibidang ekonomi menentang ekonomi kapitalis/liberal dan monopoli. Dan di bidang kebudayaan menentang segala bentuk kebudayaan asing yang merugikan kebudayaan nasional.

Di dalam revolusi Indonesia kita juga mengenal pentahapan-pentahapan :
•    Mengusir penjajah Belanda
•    Kadang-kadang perjuangan bangsa Indonesia meningkat, kadang-kadang menurun-romantika
•    Bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa-logika tidak satu bangsapun di dunia ini yang menolak kemerdekaan

Revolusi Indonesia. Sifat, watak dan hakekatnya adalah bersifat nasional, bersama-sama dari semua kelas dan semua golongan yang menentang imperialism dan kolonialisme artinya revolusi Indonesia tidak hendak mendirikan kekuasaan kediktatoran kaum proletar, tapi harus mendirikan kekuasaan gotong-royong, kekuasaan demokratis yang menjamin terkonsentrasinya seluruh kekuatan nasional seluruh rakyat.

Hari depan Indonesia adalah NKRI sebagai wadah berisikan masyarakat adil dan makmur, atau lebih jelas lagi Negara Pancasila yang berisikan masyarakat sosialis berdasarkan ajaran-ajaran Pancasila. Yaitu sosialisme yang disesuaikan dengan kondisi-kondisi yang terdapat di Indonesia. Dengan adat istiadat, watak-wataknya dengan psikologi dan kebudayaan rakyat Indonesia. Hari depan revolusi Indonesia juga menempatkan posisi Indonesia dalam percaturan internasional yang setidaknya duduk sama rendah dan berdiri sama tingi dengan Negara manapun di dunia.

No comments:

Powered by Blogger.