Ads Top

Berkarya dalam Keterbatasan

Cover Novel Go Thunderfly...!
Go Thunderfly! Lintasilah Langit!
Penulis : Violet Afifah
Penerbit : Republika
X + 398 halaman

Kini, cerita atau dongeng sepertinya sudah mulai pudar dalam dunia anak-anak. Kalaupun ada, kebanyakan menceritakan tentang percintaan antara laki-laki dan perempuan atau dongeng-dongeng yang berasal dari barat seperti Cinderela, Putih Salju, Spiderman hingga Iron Man. Dibalik itu semua, jika kita sedikit terbuka dan mencari maka akan menemukan cerita-cerita yang mengangkat kebudayaan lokal, salah satunya novel Go Thunderfly! Lintasilah Langit!


Novel ini merupakan salah satu novel yang masuk kategori unggulan Lomba Novel Republika tahun 2012. Sekilas, judul awalnya memang ke-barat-an, namun cobalah baca dari permulaan, dijamin tak akan berhenti hingga selesai cerita. Karya penulis muda Violet Afifah ini berkisah tentang seorang anak kecil yang biasa dipanggil Jo. Ia memiliki kekurangan dalam segi fisik dimana teman-teman yang tak suka kepadanya mengejek Jo dengan nama “kaki besi”.

Ketika Jo telah merasakan memiliki teman-teman sekolah yang mau menerima keadaannya, Jo harus berpisah dengan mereka. Drama pun dimulai. Jo bersama kedua orang tuanya harus pindah ke luar kota demi kelanjutan karir ayah Jo, Fahru Wiryawan, ia adalah seorang arsitek yang mendapatkan tawaran untuk membuat rancangan hotel sekitaran daerah Borobudur, Magelang.

Seketika, kepindahan Jo tersebut membuat dunianya berubah. Seperti layaknya dunia anak-anak, di ‘hari-hari baru’ Jo terdapat teman baik dan kurang baik. Banyak cerita yang dilalui Jo. Petualangan, senang, sedih, marah, kesendirian, kebersamaan bersama teman-temannya.

Ketika kita membaca novel ini ada kejadian yang diduga dan tak terduga. Itulah kelebihan novel ini. Seperti yang diungkapkan Asma Nadia, penulis best seller, “tidak mudah menemukan novel yang juga bisa dinikmati orang dewasa. Novel ini merupakan salah satunya. Komunikatif, seru, dan memiliki pesan, tanpa menggurui” tulisnya.

Go Thunderfly! Lintasilah Langit! merupakan inspirasi bagi orang dewasa dan menjadi cerita bagi anak-anak. Dengan keterbatasan, muncul berbagai masalah, hingga problema persahabatan yang dihadapi, namun semua itu tak menyurutkan jo untuk bisa terbang. Penasaran? Silahkan jelajahi ceritanya.

No comments:

Powered by Blogger.