Ads Top

Pelajar Peduli Lingkungan

Ilustrasi : jessica.mumstudent.com
Terdapat satu “sentilan” bagi umat muslim pada saat Indonesia masih dalam penjajahan VOC (baca : Belanda). Ketika itu ada orang yang bertanya dimanakah tempat pemukiman orang-orang Islam, maka dijawablah tempat muslim itu satu tempat yang disana kotor, bau dan kumuh, kesannya negatif.

Bagaimana dengan saat ini? Mungkin tidak bisa semua tempat, baik itu tempat ibadah ataupun pemukiman di Indonesia yang mayoritas muslim digeneralisir bersih atau kotor seperti “sentilan” di atas. Bisa berbeda-beda karena luas.

Namun berdasarkan pengalaman dan pengamatan pribadi kita saja, bahwa tempat yang bersih itu lebih sedikit dari yang kotor. Mari kita lihat tempat sekeliling kita, mulai dari kamar, rumah, lingkungan sekitar rumah, hingga sekolah.

Jika bersih dan rapi sih Alhamdulillah. Tapi kalau kotor apakah kita mau cuek dan masa bodoh melihat sampah berserakan, kamar berantakan, sampai lingkungan rumah dan sekolah kita juga seperti kapal pecah? Bukannya dalam Islam terdapat hadist shahih yang berbunyi annadlofatul minnal iman, artinya : “kebersihan itu sebagian dari pada iman”.

Kita semua tentunya tak asing lagi dengan hadist ‘terkenal’ tersebut. Sudah sering kita mendengar baik itu di ceramah maupun tulisan-tulisan di mesjid dan sekolah. Tapi apakah kita sudah sadar akan kebersihan serta patuh untuk melaksanakan “sebagian dari iman” tersebut?

Muhammad Abduh berkata dirinya melihat Islam tapi tidak melihat Muslim. Sebaliknya, Abduh melihat Muslim tapi beliau tidak melihat Islam. Pernyataan tersebut mengacu pada kondisi yang dia lihat antara di daerah negeri Barat (non Muslim) dan Timur (Muslim). Mungkin sampai saat ini pun statement pemikir Islam modern asal Mesir itu masih relevan. Menurut ahli lingkungan dari Yale University dan Universitas Colombia menyajikan daftar negara-negara terbersih di dunia. Sepuluh teratas negara terbersih di dunia yaitu :
1. Swiss (Eropa)
2. Swedia (Eropa)
3. Norwegia (Eropa)
4. Finlandia (Eropa)
5. Costa Rica (Amerika Selatan)
6. Austria (Eropa)
7. Selandia Baru (Asia Pasifik)
8. Latvia (Eropa)
9. Kolombia (Amerika Selatan)
10. Perancis (Eropa)

Daftar 11-20 pun masih sekitar negara-negara itu (baca : Barat). Jika kita ragu karena pendapat negara terbersih di dunia diatas juga menurut orang-orang barat, silahkan kita kunjungi satu per satu negara tersebut. Semoga kita bisa ;) dan berharap negara-negara yang mayoritas Islam bisa lebih baik lagi (bersih, aman, nyaman), khususnya Indonesia.

Kita masih muda, masih pelajar. Mari tanamkan cinta kebersihan dalam lubuk hati kita yang paling dalam. Karena jika sudah ditanamkan sejak dini akan jadi terbiasa. Gerakan yang nyata yaitu dengan membuang sampah di tempat sampah, selain itu jika ada satu atau dua sampah pelastik di jalan kita pungut lalu buang juga di tempat sampah. Bukannya dibuang diselokan ataupun di sungai, bisa-bisa menjadi faktor banjir.

Kembali ke “sebagian daripada iman”, jika sebagian iman kita itu adalah ibadah wajib seperti sholat, puasa, mengaji, zakat infaq shodaqoh dsb, berarti menjaga kebersihan itu sangat besar pahalanya. Lebih dari itu, jika lingkungan kita bersih bukan hanya kita saja yang nyaman, tapi semua orang disekitar kita pun merasakannya.

Selain itu, stop deforestasi dan penebangan liar!

No comments:

Powered by Blogger.