Ads Top

Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2014

Foto : kpu.go.id
Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 memang masih lama, sekitar 15 bulan lagi. Tepatnya tanggal 9 April 2014. Pemilu itu merupakan pemilihan untuk para wakil rakyat, kita kenal dengan para calon anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) yang akan bertempat di Senayan.

Meskipun masih jauh waktu penyelenggaraannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyatakan verifikasi atau penilaian bagi partai-partai yang akan mengikuti Pemilu 2014. Terhitung sebanyak 34 Partai yang mendaftar, tapi berdasarkan hasil verifikasi dan dalam sidang penetapan, yang lolos adalah 10 Partai. Sembilan Partai memang yang saat ini memiliki kursi di DPR ditambah satu partai 'anyar', Nasional Demokrat (Nasdem).

Berikut daftar nomor urut Partai Peserta Pemilu 2014 :
  1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  4. Partai Demokrasi Indonesia - Perjuangan (PDIP)
  5. Partai Golongan Karya (Golkar)
  6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  7. Partai Demokrat
  8. Partai Amanat Nasional (PAN)
  9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Beberapa waktu lalu, saat penetapan oleh KPU, partai-partai yang tidak lolos verifikasi merasa kecewa bahkan sangat kecewa atas hasil itu. Tidak ikut Pemilu 2014 jelas merupakan kerugian bagi mereka. Sebut saja yang saya tau seperti Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Ihza Mahendra, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNI), Partai Damai Sejahtera (PDS), dll.

Jumlah kontestan Pemilu kali ini yang  menurun, dilihat masyarakat dengan berbagai tanggapan. Salah satunya ada yang bersyukur karena tidak terlalu banyak partai. Terlebih pemilu tahun 2009 yang melibatkan lebih dari 40 partai. Itu jelas memusingkan.

Nah, kita do'akan saja semoga pemilu tahun depan bisa berjalan tertib dan lancar. Terlepas dari banyaknya pro-kontra hingga kontroversi, marilah kita bangun negeri ini. Bagi yang tidak aktif dalam politik ya monggo, asal tidak mencerca dan berilah contoh yang baik.

Semoga semua orang yang terlibat bisa amanah. Untuk Indonesia

No comments:

Powered by Blogger.