Ads Top

Bukan Sekedar Hidup, Inilah Jalan Hidup Islami


SEORANG PEMBAHARU ISLAM di Mesir, Muhammad Abduh, pernah berujar “Saya melihat Muslim di Mesir, tapi saya tak melihat Islam di sini, adapun di Eropa saya tak melihat Muslim, namun saya melihat Islam di sana.” Mesir, sebuah negara di utara Afrika yang berbatasan dengan Timur Tengah dan dunia Arab memang mayoritas beragama Islam. Itulah kegelisahan Abduh atas berbagai perilaku orang-orang yang mengaku beragama namun tak tercermin dalam perilakunya.
Pendapat Abduh tersebut bisa menjadi pembenar atas kondisi umat Islam secara keseluruhan. Berbagai persoalan masih mendera penganut ajaran Nabi Muhammad di berbagai belahan bumi. Semua mata sudah bisa melihat dan merasakan bagaimana terjadinya kerusakan alam hingga buruknya moral merajalela.
Orang beragama saja tidak akan luput untuk berbuat salah. Perlu penyadaran kepada mereka bagaimana perilaku yang benar. Meskipun kini benar ataupun salah bisa saja terbalik. Sebenarnya Islam sebagai ajaran yang bertujuan menjadi rahmat bagi seluruh alam mampu menuntun umatnya berlaku baik. Tidak cukup penyadaran yang hanya selewat, diketahui namun tak dijalani.
Dadang Kahmad melalui buku Jalan Hidup Islami: Menguatkan Iman, Memperbanyak Amal, Memuliakan Akhlak ingin menunjukkan arah bagaimana sebagai muslim menjadi umat terbaik. Segala polah pikir, tutur kata, dan tindak tanduk akan dimintai pertanggungjawban di hadapan Allah kelak.
Setiap lembar catatan kehidupan diisi dengan aktivitas yang menampilkan dua wajah yaitu dunia dan akhirat (hal 77). Iman seseorang perlu penyegaran di tengah hiruk pikuk kehidupan yang kini semakin kompleks. Umat Islam perlu mengejar ketertinggalan dengan memperbaiki jalan hidupnya. Niscaya muslim akan dapat menunjukkan Islam.
Dalam buku ini Dadang menguraikan karakter muslim hingga etos hidup apa saja yang harus dimiliki seorang muslim. Meskipun bermuatan berbagai teori dan filosofi, tuntunan yang disampaikan dikemas dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, Ia pun menyajikan cerita-cerita ringan yang mampu menggugah iman yang tadinya belok agar kembali ke jalan yang lurus.

JUDUL: Jalan Hidup Islami: Menguatkan Iman, Memperbanyak Amal, Memuliakan Akhlak
PENULIS: Dadang Kahmad
PENERBIT: Suara Muhammadiyah
CETAKAN: I, Juni 2018
TEBAL: 178 halaman + xiv
ISBN: 978-602-6268-35-8

No comments:

Powered by Blogger.