Ads Top

Menjaga Konsistensi

Ilustrasi : gospotcheck.com
Alhamdulillah saya bisa kembali menggerakkan keyboard untuk menulis dalam ruang yang sempat dikesampingkan ini. Seperti yang kita ketahui, banyak yang telah memulai, betapa sulitnya memulai itu. Tapi ingat, lebih sulit lagi bagaimana untuk meneruskan segala kegiatan/aktivitas yang baik.

Dalam bahasa syariahnya, konsistensi berarti istiqomah. Sebelum-sebelumnya saya pun pernah membuat berbagai ruangan sebagai ajang untuk mengembangkan kreativitas menulis. Mulai dari cetak, majalah, bulletin, hingga elektronik blog, website, microsite dll. Tetapi untuk menjaga konsistensi untuk tetap menulis selalu pasang surut. Inilah fungsinya penjadwalan (schedule) dan niat yang benar-benar tulus dan kuat.

Hendaklah segala aktivitas yang kita kerjakan adalah murni karena Allah SWT. Diniatkan untuk beribadah, dan untuk memperoleh ridho-Nya. Karena lihat saja, ketika apa yang kita kerjakan berorientasi (mengacu) didasarkan hawa nafsu, karena sesuatu yang bersifat duniawi, maka sungguh sia-sia dan kita termasuk orang yang rugi.

Bagai teman-teman yang masih sekolah, kuliah, ataupun kerja, konsistensi itu penting. Kita harus benar-benar bersungguh-sungguh mengerjakan apa yang menjadi kewajiban. Buah manis dari istiqomah itu akan kita dapatkan cepat ataupun lambat, insyaallah.

No comments:

Powered by Blogger.