Ads Top

Sabar ya Bu Anggie

“Pelajaran Kasus Korupsi Angelina Sondakh bagi Kaum Muda”

Perbincangan tentang kasus KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) sepertinya selalu menjadi topic hangat di masyarakat. Perilaku yang dapat merugikan Negara ini sepertinya tak habis-habis untuk dibahas.

Bicara tentang bulan Oktober, adalah harinya sumpah pemuda. 84 tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928 merupakan hari lahirnya sumpah pemuda sebagai cikal bakal proklamasi kemerdekaan.

Jika dulu pemuda dihadapkan dengan penjajahan colonial. Saat ini pemuda kita dihadapkan dengan kasus korupsi yang notabene dilakukan oleh orang-orang bangsa kita sendiri.

Sungguh ironis, ketika pemuda dihadapkan dengan beban berat di depan membawa bangsa ini lebih maju malah tersangkut KKN. Kita tau kasus gayus di dirjen pajak.  Serta kasus lainnya.

Hingga kini kasus yang sedang panas yang melibatkan anggota DPR Angelina Sondakh. Bu Anggie yang merupakan sapaan akrabnya didakwa merima suap Rp. 12,58 Miliar dan 2,35 juta dollar. Wow, coba itung tuh duit berapa nolnya!

Bu Anggie yang di DPR menjabat di komisi X. tau ga komisi ini membidangi apa? Nah loh bidang komisi X ini semuanya bidang anak muda banget yaitu Komisi Pendidikan, Budaya & Pariwisata, serta Pemuda & Olah Raga.

Menurut kabar, kasus yang menjerat mantan Putri Indonesia 2001 ini adalah pengadaan alat laboratorium di 17 perguruan tinggi negeri! Bayangin aja tuh, bidang pendidikan di korupsi!
Kini bu Anggie Harus bolak-balik dari rumah tahanan pondok bambu ke persidangan tipikor. Seperti biasa kan, sebelum menjadi terdakwa sekarang ini pasti awalnya jadi saksi, tersangka, terdakwa, baru deh terpidana.

Yang terkini, persidangan pada Kamis 11 Oktober kemarin. Sampai-sampai di persidangan, bu anggie nangis-nangis terus mendengar kesaksian mindo rosalina. Bu Anggie yang kini berusia 34 tahun yang sempat diisukan memiliki jalinan kasih dengan salah satu anggota di KPK itu harus bersabar.

Salah satunya terjerat pasal 12 ayat 1 jo pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Maksimal penjara 20 tahun loh.

Dan ini menjadi pelajaran bagi kita semua kaum muda. Hidup bisa berputar, masalah akan selalu ada. Kita manusia pasti melakukan kesalahan, tapi tentunya harus ditebus dengan memperbaiki kesalahan itu serta mempertanggungjawabkannya.

Bu Anggie yang punya twitter @sondakhangelina ini punya banyak fans loh, followernya mencapai 421.588. Salah satu tweetnya terakhir adalah pada 15 April lalu yang bunyinya “Selamat menjalani UN Pelajar di Seluruh Indonesia. Semoga Sukses Semuanya”

Sekali lagi, ini menjadi pelajaran untuk kita semua, uang bukanlah segalanya buat apa bergelimang harta bila nanti sengsara.

Masih mau korupsi? Apakata Dunia!?
---
Ditulis untuk mengikuti kontes TEMPOrasi

No comments:

Powered by Blogger.