Ads Top

Hari Pramuka "Anak Dasa Darma"

Lambang Tunas Kelapa
Hari ini, 14 Agustus dikenal sebagai hari berdirinya gerakan kepanduan Pramuka. Saya anak Pramuka. Dididik mulai dari tidak suka, sampai lengsernya. Di sekolah dasar saya mengenal "Dasa Darma", itulah sepuluh (dasa) dan bakti/janji (darma) para personel gerakan kepanduan ini.

Dasa Darma
1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan ksatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil, dan gembira
7. Hemat, cermat, dan bersahaja
8. Disiplin, berani, dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Setiap dalam kemping (kemah), Dasa Darma diperkumandangkan saat api unggun berlangsung begitu khidmatnya. Apalagi saya pernah bertugas sebagai komandan upacara. Mengesankan, bisa bergabung sebagai bagian dari Pramuka. Saat SD regu (tim) saya bernama Kobra, Semut Merah dsb. Berbagai perkemahan pun pernah saya sambangi meskipun tak sampai tingkat kabupaten apalagi nasional.

Di SMP, regu saya bernama Panther, dengan sebabagai wadah adalah Anthilop (SMP 1 Cibeber). Berfilosofi pada salah satu hewan sejenis kambing pegunungan. Belajar tali temali, kode semaphore (bendera), kode morse (tiupan pluit) dsb.

Pahit manis saya rasakan dalam mengikuti kegiatan pramuka. Secara fisik dan mental, kami diusahakan untuk tidak mudah pantang menyerah. Mengakui kesalahan dan membayar konsekuensinya, dengan cara orang dewasa.

Yang paling berkesan, saya mampu memenangkan Juara cerdas cermat antar sekolah saat perkemahan. Di final, poin saya dan rival adalah sama. Maka dilemparlah pertanyaan pamungkas. Saya bisa menjawabnya (25 x 25 = ?) jawabnya 625. Tanpa berfikir panjang dan menghitung-hitung saya menjawabnya. Otomatis keluarlah kami sebagai juara.

No comments:

Powered by Blogger.