Ads Top

Cara Membuat Ketupat Sederhana

Ketupat (Foto : Pribadi)
Ketupat merupakan makanan khas Indonesia khusunya sering dimasak ketika Lebaran (Idul Fitri) tiba. Tak lengkap rasanya lebaran jika tidak mencicipi makanan yang satu ini.

Meskipun seperti itu, sehari-hari kita bisa menemukan ketupat di penjual ketupat sayur, maupun ketupat tahu. Tapi kadang karena dalam membuat ketupat memiliki kesulitan tersediri, maka ketupat itu diganti lontong yang membuatnya lebih sederhana.

Ketupat memiliki beberapa tahap dalam membuatnya. Mulai dari membuat cangkang/bungkus ketupat, mempersiapkan isinya (biasanya sih beras) ^_^, mengisinya, lalu memasaknya (direbus di dalam air).

Kali ini saya akan share berdasarkan pengetahuan saya bagaimana cara membuat bungkus ketupat yang sederhana. Berikut bahan yang harus disiapkan :

  1. Tentunya kedua tangan kita (masa mau pake kaki), maaf ya, sebenarnya sih bisa saja bila kita memiliki kekurangan :) piss
  2. Daun kelapa yang masih muda, biasanya berwarna hijau agak kekuningan

Cara membuatnya :
    2
  1. Pisahkan lidi dari daun kelapa, mulai dari tengah dulu sampai ke ujung yang rata kemudian ke ujung yang lancip. Hal ini dilakukan agar daun bisa lurus, tidak robek 
  2. Maka kita mempunyai dua daun yang siap di-desain :)
  3. Taruh satu daun di tangan kanan, kemudian gulung dimana ujung yang rata berada dibagian bawah, gulung tiga kali, pasti ujung yang lancip ada di bagian tangan atas (Lihat Foto 3)
  4. Taruh satu daun di tangan kiri, gulung tiga kali, namun kebalikan dari tangan kiri, dimana ujung yang rata di bagian atas, dan yang lancip di bawah (Lihat Foto 4)
  5. Nah ini bagian yang perlu konsentrasi. Hubungkan/gabungkan satu baris daun yang berada di tangan kanan ke tangan kiri. Kuncinya : Atas-Bawah-Atas, Bawah-Atas-Bawah, Atas-Bawah-Atas (seperti anyaman)
  6. Maka pondasi awal ketupat telah kita buat, usahakan agar tidak acak-acakan (Foto 6)
  7. Kemudian, salah satu ujung yang lancip dianyam searah jarum jam, Bawah-Atas-Bawah sampai dua sisi ketupat
  8. Begitupun ujung daun lancip yang satunya lagi, anyam sampai ketemu ujung lancip yang lainnya
  9. Untuk ujung yang rata/datar hanya dianyam sekali saja, begitu juga ujung yang rata/datar yang satunya, dianyam sekali sampai saling bertemu
  10. Maka ketupat sudah hampir selesai
  11. Selanjutnya kita hanya merapihkan ketupan yang sudah kita anyam, karena masih pada longgar/renggang
  12. Untuk itu kita rapatkan caranya, pelan-pelan ditarik si daun sampai ke ujung, baiknya ke ujung yang lancip, tapi jika ujung yang rata terlalu pendek diulur saja, dan ditarik ke ujung yang rata/datar
  13. Ketupat telah selesai, tinggal diisi dan siap dimasak
3
4
6
13
Cara Membuat Ketupat in YouTube

Semoga bermanfaat :)
"Selamat Idul Fitri 1433 Hijriah
Kami sekeluarga
Mohon Maaf Lahir dan Batin
Semoga Amal Ibadah Kita Selama Ramadhan ini diterima disisi Allah SWT"

No comments:

Powered by Blogger.