Ads Top

Udah Konpida Lagi Aja

Peserta, Panitia Pelatihan Jurnalistik dan Pimpinan Wilayah IPM DKI Jakarta
Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) memiliki semboyan Nuun, Walqalami Wamaa Yasturuun (Q.S. Al-Qalam : 1), yang artinya Nuun demi pena dan apa yang mereka dituliskan. Sebagai gerakan dakwah di kalangan pelajar, IPM memiliki concern untuk mengkampanyekan gerakan Al-Qalam (menulis) dan gerakan literasi atau iqra (membaca).

Dalam rangka menumbuhkan budaya menulis, PW IPM DKI Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik pada Sabtu – Ahad (12 – 13 Maret 2016). Kegiatan tersebut digelar di Aula Madrasah Mu’allimien Perguruan Muhammadiyah Tebet, Jakarta Selatan yang diikuti oleh perwakilan IPM tingkat sekolah (Pimpinan Ranting), Pimpinan Cabang, dan Pimpinan Daerah IPM se-DKI Jakarta.

Adapun materi pelatihan Jurnalistik tersebut meliputi Berita dan peliputan, penulisan, kode etik jurnalistik, wawancara hingga materi tentang pers pelajar. Pada Ahad (13/03/2016) para peserta pelatihan terjun kelapangan melakukan wawancara kepada masyarakat yang berada di Taman Honda, Tebet.

“Kita membuat wadah untuk media di web IPM DKI (www.ipmdki.or.id). Dari pelatihan itu kita memanfaatkan SDM yang ada untuk berkontribusi di web” ungkap Tri Farhandoyo selaku koordinator pelatihan Jurnalistik PW IPM DKI Jakarta.
Alumni dari pelatihan Jurnalistik PW IPM DKI Jakarta bersinergi melalui wadah Komunitas Jurnalis Pelajar (KJP). Para anggota KJP diharapkan mampu melestarikan budaya menulis dan menyebarkan pesan positif mengenai IPM maupun Muhammadiyah.

“Selain itu untuk stimulus nambah wawasan ke temen-temen pelajar agar peka terhadap isu-isu pelajar” tutup Farhan yang juga Ketua Bidang Organisasi PW IPM DKI Jakarta.

Konpida
Bertepatan dengan Pelatihan Jurnalistik, PW IPM DKI Jakarta juga sukses menyelenggarakan Konpida (Konferensi Pimpinan Daerah). Pelatihan Jurnalistik diselenggarakan dua hari (12-13 Maret 2016), sementara itu penyelenggaran Konpida IPM DKI Jakarta digelar sehari pada Sabtu (12/03/2016).

PW IPM DKI Jakarta periode 2014-2016 telah melalui tengah periode. Konpida merupakan arena evaluasi gerakan dan program kerja selama setengah periode tersebut, agar mampu membuat rencana dan gerakan baru untuk memaksimalkan arah dan tujuan ikatan di periode yang akan datang. Selain itu dalam Konpida juga membahas hal-hal mengenai persiapan Musyawarah Wilayah PW IPM DKI Jakarta.

Konpida IPM DKI Jakarta mengusung tema “Menuju Organisasi Pelajar yang Mandiri dan Kreatif untuk Mewujudkan Gerakan Pelajar Berkemajuan”. Kedua acara tersebut dibuka secara berbarengan dan dibuka oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat IPM, Ipmawan Muhammad Khoirul Huda.

No comments:

Powered by Blogger.