Ads Top

SuperWifi Browsing Gak Pake "Lebay"

Halaman Awal Indosat Super Wi-Fi
Saya heran ketika pertama kali mendengar Indosat Super Wi-Fi. Saya bertanya untuk apa sih? Sekarang kan akses jaringan wireless fidelity (wifi) sudah ada dimana-mana, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Banyak tempat nongkrong seperti cafe, restoran, tempat pelayanan publik hingga angkutan umum pun menyediakan akses jaringan internet melalui layanan wifi gratis sebagai bonus.

Daripada penasaran, kemudian saya coba cek di website Indosat Super Wi-Fi, menurut keterangannya ternyata doi (Indosat Super Wifi/ISW) merupakan layanan internet unlimited dengan kecepatan tinggi hingga 20 Mbps! Wow! Untuk teknologi-teknologi yang digunakan seperti EAP-SIM, EAP-TTLS, SSID cs, entahlah saya belum begitu mengerti (tapi lagi belajar). Oleh karena itu saya ingin mencoba langsung bagaimana ISW ini. Sebelumnya saya baca-baca dulu petunjuknya secara sekilas saja.

Kebetulan, gadget pertama yang saya pakai yaitu Sony Ericsson M1 Aspen yang pake sistem operasi Windows Mobile 6.5. Kemudian saya cek jaringan ISW di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Tepatnya di pusat belanja Menteng Huis. Sanya nyalakan Wi-Fi handphone, lalu search. Tada! Ternyata ada, jaringan ISW itu, ada jaringan INDOSAT, SuperWiFi-SIM, SuperWiFi-WEB. Menurut tutorial, karena handset saya bukan ber-OS Blackberry, iOS, ataupun Andorid yang belum supportEAP-SIM harus meminta username & password dengan kirim sms SUPERWIFI ke 363. Setelah mendapat user dan password gratis, dan mengotak-atik untuk connect ke SuperWiFi-SIM, apalah daya belum berhasil.

Saya tak berhenti sampai disitu, beberapa minggu setelahnya, saya mencoba untuk menjajal ISW pake handset Android. Agar tak gagal lagi, saya baca lebih detail petunjuknya. Kini saya coba jaringan ISW di Gramedia Matraman, Jakarta Timur. Ternyata eh ternyata belum bisa juga. Koneksinya terputus karena satu sebab, sebelumnya saya ikuti dari awal instruksi bagaimana mengaktifkan ISW yang pakai Android, tapi pada langkah ketiga, "Pada menu EAP method ubah dari PEAP menjadi SIM (EAP-SIM) - klik Connect". Nah, pilihan SIM (EAP-SIM) itu tidak ada.

Saya pun memutar otak. Hehe. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu juga bagaimana cara saya ingin menggunakan ISW. Masa sih jaringan ada, tapi tak bisa dipakai.

Karena saya membawa netbook, mari kita coba ISW lagi. Alhamdulillah bisa. Bermodalkan tidak berputus asa. ;) Caranya ya seperti yang ada di tutorial. Setelah mengaktifkan wifi, maka akan muncul jaringan-jaringan Hotspot/SSID. Kita pilih jaringan SuperWiFi-WEB, lalu buka browser (disini saya pakai Mozzila Firefox) dan lalukan browsing membuka satu alamat web, maka akan muncul web log in ISW. Isikan username dan password yang kita dapatkan dari SMS 363. Tada! Berhasil! Berhasil! Hore #Lebay

Indikator Sinyal SuperWiFi-WEB
Saya coba untuk browsing membuka web jejaring sosial, dengan sinyal sebanyak tiga strip, secara kecepatan ya lumayan lah. Setelah itu saya coba tes kecepatan di speedtest.indosatm2.com, hasilnya : Download Speed 1,767 kbps, dan Upload Speed 560 kbps.
Tes Kecepatan ISW
Di tampilan menu web log in ISW sebelah kanan terdapat informasi waktu pemakaian, sisa waktu, unggah, dan unduh. Dalam masa promo ISW ini kita mendapat jatah waktu untuk browsing 24 jam.

Log In ISW
Sebagai manusia, wajarlah kita menginginkan segala sesuatu yang lebih, apalagi di era digital informasi yang sangat cepat ini. Kebutuhan akan akses data merupakan hal yang mutlak. Boleh lah ada akses, tapi bagaimana dengan kualitasnya?

Banyak tempat nongkrong seperti cafe, restoran, hingga angkutan umum menyediakan akses jaringan internet melalui layanan wifi gratis sebagai bonus. Tapi kadang akses yang kita perlukan tak sesuai dengan harapan, dan maaf-maaf saja aksesnya (baca : koneksinya) terbatas, bahkan tidak/belum bisa dipakai.

Saya melihat komentar-komentar di forum ngobrol Indosat, masih banyak yang mengeluhkan tentang kecepatan ISW hingga beberapa kendala dalam menggunakannya, seperti yang sebelumnya pernah saya alami.

Terlepas dari berbagai kekurangan tersebut, ISW memberikan pengalaman baru menjelajah internet. Apalagi ISW sudah tersebar dimana-mana. Berdasarkan data dari website Indosat, Hotspot ISW bukan hanya ada di Jabodetabek, namun telah tersebar di berbagai kota seperti Bandung, Batam, Denpasar, Medan, Kediri, Malang, Balikpapan, Makassar, dan Malang. Betapa banyak infrastruktur yang telah dibangun Indosat untuk pelanggan setianya.

Indosat Super WiFi browsing gak pake lemot bray (lebay).

Itulah pengalaman pertama saya. Selanjutnya, insyaallah akan saya ceritakan lagi, tentang mengunduh dan upload dll.

Terimakasih
---
NB : Bagaimana cara menggunakan layanan Indosat Super Wifi??
Bagi pelanggan Indosat :
1. Gratis bagi pelanggan paket Data Indosat
2. Aktifkan Wifi dan Pilih Hotspot "SuperWiFi-SIM" atau "SuperWiFi-WEB"
3. Lalu connect

khusus koneksi dari hotspot "SuperWiFi-WEB" atau koneksi metode EAP-TTLS pelanggan diminta untuk mengisi username & password yang didapatkan dengan cara SMS keti SUPERWIFI kirim ke 363 (gratis)

Bagi non Pelanggan Indosat :
1. Membeli voucher pulsa Fisik Indosat
2. Login dengan memasukkan 14 digit kode voucher, setiap akan melakukan koneksi ke jaringan Indosat Super WiFi

Cara Setting Indosat Super WiFi di OS Android

1 comment:

penablog said...

Cari lokasinya itu yg susah mas, ga kaya wifi id banyak bener di mall2 atau deket gedung2 tertentu

Powered by Blogger.