Ads Top

My Oxygen Part II

Bolehkah aku memulai ceritaku yang sempat tertunda?
tentunya boleh ya

Dimulai dari satu pertanyaan, apakah saat tidur kita tetap bernafas?

Kita tak menyadari tidur kita sendiri, terlalu terlelap dalam tidur, kecuali ada yang mengganggu.

Coba lihat orang lain sedang tidur, ternyata masih tetap bernafas. Kemudian tutup hidungnya menggunakan tangan kita (hhe "_"). Pastinya langsung terbangun orang itu, kaget dan marah-marah. Karena saat terjaga, bahkan tidur kita tetap bernafas.

Ternyata, kita tidak pernah lupa untuk bernafas. Lelucon tentang lupa apa yang bisa membuat orang mati, yaitu lupa benafas telah terbantahkan. hhha

Sedikit marilah kita pelajari ulang tentang proses manusia bernafas secara sederhananya.

Alat pernafasan vital manusia bisa disebutkan, hidung, tentunya bukan insang, kemudian paru-paru serta segala organ yang lainnya. Alat pernafasan tersebut digunakan dalam sistem pernafasan, sitem pernafasan ini biasa disebut juga dengan sisten Respirasi.

Proses bernafas bisa dikatakan seperti ini, udara masuk melalui lubang hidung kita dan mengalami tahap penyaringan di dalamnya, mulai dari bulu-bulu halus dalam hidung kita, karena udara yang kita hirup tak seratus persen bersih dari debu dan polusi. Proses masuknya udara ke paru-paru ini disebut juga inspirasi, sedangkan udara yang keluar dari paru-paru disebut juga ekspirasi.

Saat proses inspirasi, rongga dada kita menjadi mengembang, ini dikarenakan peningkatan volume rongga dada. Berbeda saat terjadinya proses ekspirasi, karena secara otomatis setelah proses masuknya udara ke paru-paru tadi, udara akan keluar atas perintah dari medula oblongata (pusat pernafasan yang ada di otak kita).

Mungkin itu alur secara sederhananya tentang proses bernafas manusia, sebenarnya setelah diteliti memang tidak sesederhana itu. Sangat kompleks sekali proses bernafas itu, serta kaitannya dengan bernafas sangat banyak sekali.

Itu baru bernafas dalam hal prosesnya, belum manfaatnya yang sangat besar. Karena jika tak bernafas manusia, bahkan makhluk hidup lain pun akan mati.

(bersambung)

No comments:

Powered by Blogger.